Penuhi 6 Syarat Ini untuk Bisa Mengurus Visa Schengen

Posted on

Berlibur ke Eropa pastinya akan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk bisa dijalani. Apalagi dengan hadirnya asuransi online yang semakin memudahkan perjalanan tersebut. Hanya saja Anda perlu tahu untuk bisa berlibur ke Eropa, Anda membutuhkan visa schengen. Untuk bisa memiliki visa schengen ini maka ada 6 syarat berikut ini yang harus dipenuhi.

Close-up page of passport with Schengen visa
  1. Passport

Syarat pertama yang wajib Anda penuhi adalah passport terbaru. Setidaknya passport ini masih memiliki jangka waktu aktif hingga enam bulan. Hal tersebut untuk memudahkan visa schengen agar bisa diurus. Jangan lupa untuk membawa passport ini dalam kondisi yang asli dan juga foto kopi dengan masing-masing yang memiliki stempel asli.

  1. Foto untuk Visa

Kedua adalah Anda mesti diwajibkan untuk membawa pass foto berukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang warna putih. Meskipun terkadang, di kantor pembuatan visa schengen disediakan tempat untuk mengambil pas foto tapi dengan membawa sendiri pastinya akan lebih efisien. Jadinya tidak membutuhkan waktu lama untuk segera membuat visa khusus ini.

  1. Biaya Visa dalam Tunai

Jangan lupakan juga dengan membawa biaya yang nantinya diperlukan untuk membayar pembuatan visa tersebut. Satu hal yang perlu diingat untuk bisa melakukan pembayaran maka Anda harus membawa uang tunai. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mempermudah kepengurusan visa yang satu ini.

Lain cerita dengan asuransi online yang pastinya akan lebih memudahkan Anda untuk membuat dan mengurusnya. Apabila Anda masih menggunakan cara yang konvensional maka disarankan untuk menggunakan uang tunai untuk lebih memudahkan.

  1. Memiliki Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan juga mesti Anda pastikan sudah memilikinya agar mengurus visa ini bisa lebih dipermudah. Untuk memiliki asuransi perjalanan ini sendiri bisa dibilang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Apalagi dengan banyaknya pihak yang sekarang ini menawarkan asuransi perjalanan dengan berbagai premi tambahan yang bisa Anda sesuaikan.

Mulai dari yang konvensional hingga yang online juga tersedia untuk semakin memudahkan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki asuransi yang satu ini hanya karena dianggap sulit untuk membuat atau mengurusnya. Selain itu, asuransi ini juga menjadi jaminan sekaligus pengaman Anda selama melakukan perjalanan di Eropa.

  1. Bukti Keuangan

Untuk mengeluarkan visa schengen bukanlah perkara sembarangan bagi pemerintah. Satu hal yang mesti Anda persiapkan adalah bukti keuangan. Maksud dari bukti keuangan adalah saldo rekening terakhir yang Anda miliki sebelum melakukan perjalanan ke Eropa. Asal tahu saja, minimal saldo rekening yang dimiliki harus berada di angka 34 euro.

Hal tersebut belum ditambah pengalian dari waktu tinggal Anda di Eropa. Apabila saldo rekening Anda tidak mencukupi maka dipastikan visa schengen sulit untuk bisa didapatkan. Bukti saldo rekening ini sendiri terkadang juga merupakan akumulasi dari 3 bulan terakhir sebelum keberangkatan.

  1. Rencana Perjalanan Selama di Eropa

Terakhir adalah rencana perjalanan Anda selama di Eropa yang harus ditulis secara detail. Maksud dari detail adalah menjelaskan destinasi tujuan, jam keberangkatan, kota yang ingin dituju hingga rencana untuk landing. Semua hal tersebut harus dijelaskan secara detail sebagai bukti keseriusan dan kesungguhan Anda.

Dengan mengetahui keenam syarat tersebut, maka proses pembuatan visa schengen bisa lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Selain itu, bagi Anda yang belum memiliki asuransi perjalanan maka Anda bisa mencoba mendaftar menggunakan asuransi online yang lebih mudah dan ringkas waktu tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *